Rabu, 13 Mei 2009

Elegi Perbincangan Bidang Datar

Pak Tua :
Ada apa gerangan kalian terlihat tak bersahabat wahai lingkaran dan persegi panjang? Seharusnya kalian berbincang-bincang tentang diri kalian. Kalian sama-sama bangun datar yang seharusnya bersahabat.

Lngkaran:
Qu tidak suka dengan sikap persegi panjang yang selalu mengungkit-ungkit kekuranganku dan meninggi-ninggikan kelebihannya. Dia bilang kalau aku orang yang aneh, makhluk yang tidak punya pendirian. Jika aku dilihat dari sudut pandang manapun
aku tetap sama, tidak ada perubahanya. Mau di putar atau di bolak balikpun akan tetap seperti itu, dan tidak berubah. Sedangkan dia menganggap dirinya istimewa, dia dapat berupah-ubah bentuknya jika dibalik atau diputar.

Persegi panjang:
Qu juga tidak suka dengan sikap lingkaran yang selalu mengungkit-ungkit kekuranganku dan meninggi-ninggikan kelebihannya. Dia bilang kalau aku orang yang
tidak istimewa, aku hanyalah makhluk yang dianggapnya kurang. Menurut dia aku hanyalah kumpulan dari sisi-sisi yang tidak ada istimewanya. Sedangkan dia menganggap dirinya istimewa, dia tidak punya sisi tapi dia adalah kumpulan titik-titik yang berjarak sama terhadap titik tertentu.

Lingkaran:
Aku memang istimewa, aku masih punya kelebihan lain dibanding kamu?

Persegipanjang:
Apa kelebihan kamu dibanding aku?

Lingkaran:
Aku punya sifat yang tidak kamu punyai. Aku mempunyai banyak simetri lipat yang jumlahnya tak hingga. Mungkin kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sedangkan kamu hanya punya 2. Makhluk apa kamu? Makhluk yang tidak punya kelebihan dan tidak berguna.

Persegipanjang:
Aku makluk istimewa, aku masih punya kelebihan dibanding kamu?

Lingkaran:
Apa kelebihan kamu dibanding aku?

Persegi Panjang:
Aku punya sifat yang tidak kamu punyai. Aku punya sisi-sisi yang berhadapan dan mereka saling sejajar. Aku juga punya diagonal-diagonal yang saling tegak lurus. Aku yakin kamu tidak punyai semua itu. Makhluk apa kamu? Makhluk yang tidak punya kelebihan dan tidak berguna.

Pak Tua :
Stop... Stop...
Sampai kapan kalian akan bersikap seperti itu? Yang selalu mengungkit-ungkit kekurangan makhluk lain dan meninggi-ninggikan kelebihan diri sendiri.
Kalian sama makhluk yang tidak bisa mensyukuri apa yang kalian punya. Seharusnya kalian dapat saling melengkapi kelurangan masing-masing dan menciptakan hal yang lebih berguna.

Lingkaran dan Persegi Panjang:
Apa yang dapat kami lakukan bersama-sama, kalau kita jauh berbeda?


Pak Tua :
Bersatulah kalian berguna, buatlah sebuah bangun ruang yang lebih berguna.

Lingkaran dan Persegi Panjang:
Bangun ruang apa?

Pak Tua :
Buatlah sebuah bangun ruang yang disebut tabung.

Lingkaran dan Persegi Panjang:
Terimakasih Pak Tua, Kami sadar kami telah khilaf. Kami berjanji tidak akan mengungkit-ungkit kekurangan makhluk lain dan meninggi-ninggikan kelebihan diri sendiri. kami juga akan saling melengkapi kelurangan masing-masing dan menciptakan hal yang lebih berguna.

Pak Tua :
Bagus... Bagus... semoga usaha kalian dapat diikuti makhluk-makhluk lain di dunia ini.
Amin....






Tidak ada komentar:

Posting Komentar